✘ Resah Atur Menu Buka? Yuk Intip Berbagai Hidangan Buka Puasa Yang Sederhana Dan Mudah

BINGUNG ATUR MENU BUKA? YUK INTIP ANEKA MACAM MENU BUKA PUASA YANG SEDERHANA DAN PRAKTIS


Puasa selama seharian penuh mulai dari waktu subuh sampai masuk waktu maghrib, menahan diri dari segala hal-hal buruk serta makan dan minum pasti menjadi sebuah usaha tersendiri. Tak heran jikalau banyak yang sibuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk menyambut waktu berbuka.

Diartikel kali ini saya akan membagikan Panduan Menu Berbuka Puasa, Menu Buka Puasa Yang Sederhana dan Murah dan Menu Sehat Berbuka Puasa. Kaprikornus jangan hingga kelewatan ya. 

Panduan Menu Buka Puasa Yang Sederhana Dan Mudah

Pada bulan suci Ramadhan buka puasa selalu di jadikan momen – momen yang paling dinantikan – tunggu setiap harinya. Karena pada dikala buka puasa setiap keluarga akan menyajikan beragam hidangan berbuka dengan banyak sekali macam varian makanan dan minuman yang sangat Istimewa dan sengaja di buat hanya untuk berbuka puasa.

Dibalik keistimewaan cita rasa hidangan berbuka puasa ada seorang ibu rumah tangga yang repot menyiapkan semua hidangan hidangan buka puasa yang Istimewa bagi keluarganya. Beberapa jam sebelum waktu berbuka para ibu rumah tangga di pusingkan mencari hidangan apa yang akan dimasak untuk keluarganya, dan tentunya cocok dan yummy untuk di hidangkan pada waktu adzan Maghrib datang.

Untuk menyambut waktu berbuka puasa, sudah pasti para ibu rumah tangga harus lebih teliti mengenai asupan – asupan baik dan kaya nutrisi yang diharapkan untuk menggantikan nutrisi  tubuh selama menjalani puasa di siang hari. Hidangan hidangan untuk berbuka puasa yang baik sudah niscaya yakni masakan yang sehat dan bergizi.

Tentu saja para ibu rumah tangga mempunyai pandangan tersendiri dalam menentukan sajian buka puasa ialah  pastinya, hidangan buka puasa yang sederhana dan simpel. Dengan sisa tenaga yang dimilikinya untuk mengolah materi masakan  menjadi sajian sajian yang istimewa dikala berbuka puasa.

1. Berbuka Dengan Buah Kurma

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

Buah kurma yang dianjurkan dikala berbuka yakni yang lembek dan elok dengan kandungan karbohidrat yang berfungsi mengembalikan energi dalam tubuh.

2. Awali Berbuka Dengan Minum Air Putih

Ada baiknya segera minum segelas air putih hangat atau biasa untuk menyegarkan tenggorokan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa.

3. Minum Minuman Yang Manis

Setelah berbuka dengan segelas air putih, barulah anda bisa mengonsomsi  minuman yang mengandung gula atau santan ibarat es buah, yang pastinya sangat menyegarkan. Fungsi dari minuman manis yakni meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang mampu menyetabilkan energimu. Tapi ingat ya! Jangan kebanyakan minuman elok ya!

4. Makan Makanan Tinggi Protein

Pastikan kau tidak pribadi mengonsumsi masakan berat dikala membatalkan puasa biar perutmu tidak kaget menerima lauk-pauk berat sehabis seharian kosong.
Konsumsi masakan mengandung protein tinggi mirip daging, ikan, tahu, tempe dan telur. Selain mengandung protein yang tinggi masakan – kuliner tersebut juga kaya gizi.

5. Salad

Makanan sehat lain yang bisa Anda coba yakni salad. Meski terlihat ringan, tetapi mengonsumsi salad sayur juga cukup mengenyangkan kok. Terlebih lagi, kalau Anda menambah telur di atasnya. Perpaduan sayur dan protein ini sangat sempurna untuk menjaga kesehatan tubuh pada ketika bulan puasa.

6. Buah – Buahan

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan selepas mengonsumsi masakan berat untuk mengisi kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh. Buah-buahan akan membantu tubuhmu memproses masakan dengan baik dan melancarkan pencernaan.

Menu Buka Puasa Sederhana, Murah Dan Praktis Favorit Semua Kalangan 

Berbagai jenis masakan kita tulis untuk dipersiapkan sebagai hidangan buka puasa. Makanan-masakan tersebut merupakan potongan dari sajian favorit kita atau yang sedang dibayangkan pada siang hari.

Bisa membeli secara instan, mampu pula membuatnya sendiri. Tetapi, dari sekian banyak sajian favorit selama bulan ampunan, ada lima hidangan buka puasa yang paling sering dicari dikala azan Magrib berkumandang.

1. Gorengan

Selain simple, rasa gorengan yang yummy menciptakan banyak orang ketagihan. Sebagian orang merasa bahwa makan gorengan saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar, dibandingkan pribadi mengonsumsi masakan berat. Anda bisa mengonsumsi pisang goreng, ubi goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng maupun bakwan untuk mengganjal perut.

2. Teh anggun hangat

Gorengan dan teh elok hangat menjadi pasangan ideal ketika berbuka puasa. Mereka bisa menggantikan energi yang hilang saatsetelah seharian beraktivitas dalam kondisi puasa

3. Kurma, tiga buah cukup

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

4. Kolak 

Mungkin ini ialah hidangan buka puasa favorit  keluarga di indonesia. Selain segar, kolak juga mengenyangkan dan sehat alasannya didalamnya terdapat buah – buahan yang mengandung karbohidrat dan nutrisi – nutrisi lain yang mampu menghilangkan rasa lapar serta mengisi energi seketika.

5. Ikan Lele Goreng dan Sambal Tomat

Ikan lele greng atau yang biasa dikenal dengan pecel lele. Isi dari hidangan yang satu ini yakni ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. sajian yang satu ini sangat simpel dijumpai dipinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Tapi kalau memang ingin membuatnya sandiri dirumah, materi – materi dan cara pembuatannya pun sederhana.

6. Nasi Goreng Telur

Nasi goreng telur ialah hidangan masakan yang sangat sederhana. Bahan-materi yang diharapkan untuk membuat nasi goreng hanya nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berupa kepingan ayam atau baso sapi.

Akan tetapi saya tidak menyarankan anda untuk menyantapnya dikala sahur alasannya akan membuat anda cepat haus.

7. Pecel

Rasa dan tampilan pecel memang sedikit mirip dengan karedok khas jawa barat. Pecel ini merupakan sajian berbuka yang mudah dan mudah. Yakni anda hanya perlu membeli sayuran menyerupai kangkung, tauge dan kacang panjang. Kemudian anda bisa beli bumbu pecel jadi atau membuatnya sendiri.

Untuk membuat pecel yang nikmat  sekaligus dengan bumbunya anda hanya perlu merogoh kocek 10 ribu saja.selain murah, pecel juga merupakan sajian berbuka yang kaya vitamin karena didominasai oleh sayur – sayuran.

8. Tahu-Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Anda pasti setuju bahwa kuliner yang satu ini masuk ke dalam jajaran hidangan buka puasa simpel dan murah. Ya, tahu dan tempe goreng ialah masakan khas Indonesia yang harganya sangat murah.

Mengolah tahu-tempe goreng sangatlah simpel. Tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas sampai warnanya kekuningan. Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

9. Tumis Sayuran

Menu sehat yang satu ini sangat cocok untuk disantap ketika berbuka puasa. Anda bisa menggunakan sayuran favorit Anda, mirip kangkung, tauge, sawi, bayam, dan brokoli. Bumbu untuk menumis sayuran ini hanyalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan materi embel-embel, mirip udang atau telur puyuh, ke dalam tumis sayuran ini. Tumis sayur tanpa lauk ini hanya membutuhkan dana sekitar 5-7 ribu rupiah, tergantung pada banyaknya sayuran yang Anda masak.

10. Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur penyet ini bisa berupa telur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, Anda hanya perlu membuat sambal terasinya sebagai pendamping. Untuk membuat hidangan masakan ini, Anda hanya perlu menyediakan uang 7 ribu rupiah saja.

Telur penyet dan sambal terasi ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat apalagi ditambah dengan kerupuk. Maka hidangan yang satu ini menjadi lebih nikmat.

11. Sup Kacang Merah

Mencari sajian buka puasa simpel dan murah yang juga bergizi? Anda bisa membuat sup kacang merah. Bahan-materi yang dibutuhkan untuk memasak sup kacang merah yaitu kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

Nah, langkah selanjutnya yaitu Anda harus merebus 1 liter air ini bersama kaldu instant hingga air berkurang menjadi tinggal 750 ml saja. Sembari menunggu, Anda bisa menumis bawang dengan sedikit minyak goreng hingga harum. kemudian, masukkan bawang dengan kacang merah dan wortel ke dalam air kaldu tersebut. Jika Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa menambahkan sedikit daging sapi ke dalam sup kacang merah ini.

12. Sayur Bening

Salah satu sajian yang mudah dan murah untuk hidangan buka puasa maupun sahur ialah sayur bening. Bahan-materi untuk membuat sayur bening adalah bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Sejatinya, sayur bening ini lebih nikmat kalau disantap dengan bakwan jagung. Sayangnya, resep untuk membuat bakwan jagung sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, sayur bening ini bisa disantap bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng sebagai lauknya.

13. Soto

Makanan berkuah yang utama bisa anda coba yaitu soto. Kuah soto yang gurih dan enak akan semakin nikmat ketika dipadukan dengan materi isian dan pendamping lainnya. Anda  bisa menentukan soto ayam, kambing, atau babat sesuai selera.

14. Sayur asem

Suka sajian yang segar dari asam? Sayur asem ini cocok untuk anda. Citarasanya sangat unik dan sungguh bermacam-macam. Perpaduan dari asin, asam, pedas, dan sedikit anggun. Campuran sayur di dalamnya pun bisa diubahsuaikan selera. Seperti jagung, kacang panjang, nangka muda, labu siam, hingga melinjo. Sehat sekali, kan.

15. Sayur lodeh

Komposisi materi sayur lodeh ini hampir mirip dengan sayur asem. Yang membedakan yaitu beberapa materi utama wajib serta racikan untuk kuahnya. Sayur lodeh memakai santan sehingga rasanya sangat gurih dan yummy disantap bersama sepiring nasi hangat.

16. Sayur sop

Bisa dibilang, sayur sop ini ialah paket komplit untuk makan malam. Selain aneka macam sayuran, sayur sop juga dilengkapi dengan sumber protein mirip daging/ayam, seafood, bakso, atau sosis. Sayur sop paling yummy dan menyegarkan dikala disantap hangat dengan sepiring nasi dan sambal favorit anda.

17. Bakso

Kalau yang satu ini sih saya jamin jadi favorit hampir semua orang. Apalagi dijadikan hidangan makan dikala berbuka puasa. Wah, dijamin akan sangat memanjakan pengecap. Seperti sop, bakso juga cukup lengkat kandungan gizinya. Mulai dari karbohidrat dari mie/bihun, protein dari bakso, sampai serat sayuran dari caisim, tauge, dan daun bawang. Mantap!


Menu Sehat Buka Puasa Yang Mengenyangkan dan Dapat Mengembalikan Energimu Yang Hilang 

Meskipun telah menahan lapar dan haus seharian, tak jarang berat tubuh kita justru membengkak selama bulan pahala, iya kan?. Penyebabnya, mungkin seringkali kita menyantap masakan berlebihan dikala sahur dan berbuka. Padahal, masakan yang yummy belum tentu sehat dan bisa mengembalikan energi, malah justru bisa aja mengundang penyakit.

Ada beberapa kuliner sehat yang saya rekomendasikan untuk jadi sajian buka puasa. Selain sehat, masakan – maknan ini bisa mengembalikan energimu yang hampir hilang alasannya yakni seharian berpuasa.
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sajian buka puasa identik dengan aneka takjil elok dan sajian mengenyangkan mirip kolak, gorengan, hingga nasi lengkap dengan aneka lauk-pauk. Aneka hidangan masakan tersebut dipercaya bisa mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar dan haus.

Meski begitu, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut alasannya kandungan gula, lemak jenuh dan garamnya yang terbilang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui, kandungan tersebut bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan kalau dikonsumsi berlebihan dan terus - menerus, bahkan dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya bobot tubuh selama Ramadhan.

Namun tak perlu khawatir, saya akan rekomendasikan sajian alternatif menyehatkan untuk Ramadhan yang tak kalah yummy. Selain yummy, hidangan ini juga cocok disajikan sebagai hidangan buka puasa mengenyangkan bagi kau yang sedang berdiet.

1. Oatmeal dengan irisan buah

Oatmeal dengan irisan buah mampu dijadikan salah satu hidangan berbuka puasa yang sehat. Kandungan protein dan seratnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda.
Dalam 100 gram oatmeal, kau bisa menemukan 38 kalori, 10 gram serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk menciptakan oatmeal yang lezat, kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang sebagai asupan kalori.

2. Smoothies

Terbiasa minum kolak sebagai takjil dikala berbuka? Anda bisa coba cara yang satu ini, menggantikan kolak dengan smoothies. Selain lebih sehat smoothies juga tak kalah yummy dan mengenyangkan. Kamu bisa membuat smoothies dengan irisan buah dan sayur kesukaanmu yang dipadukan dengan yoghurt segar, cara ini mampu mengembalikan energimu seketika.

Bahkan, minuman segar ini bisa membantu menjaga kesehatan selama berpuasa. Pasalnya, terdapat vitamin c didalam buah yang bisa membantu tubuh anda tetap fit.

3. Salad sayur dan buah

Selain mengolahnya menjadi smoothies anda juga bisa mengolahnya menjadi salad. Walaupun masakan ini terlihat ringan, tetapi sebenarnya masakan yang satu ini mengenyangkan, kok. Hebatnya lagi , ketika makan salad buah dan sayur sebanyak apapun perutmu tidak akan merasakan begah. Makanan sehat ini pun mampu mengembalikan tenaga yang hilang alasannya berpuasa.

Tidak hanya baik untuk dijadikan menu berbuka salad juga elok dikonsumsi dikala sahur. Karena kandungan vitamin dan protein didalam salad bisa membuat tubuh lebih sehat dan berenergi mesi dikala berpuasa.

Agar salad anda terasa lebih enak anda bisa menambahkan aneka saus mirip yoghurt, perasan air lemon atau honey citrus dressing sauce yang asam anggun. Selain itu anda juga bisa menambahkan aneka biji- bijian yang kaya akan serat.

4. Nasi merah 

Jika selama ini anda terbiasa mengonsumsi beras merah, mulai dari kini cobalah menggantinya dengan beras merah. Walaupun harganya jauh lebih mahal dari beras putih tapi beras merah mempunyai banyak kelebihan dibandingkan beras putih.

Nasi merang mengandung zat besi yang tinggi  sehingga dapt mengembalikan energi dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, beras  merah juga sangat bermanfaat bagi para penderita anemia. Kandungan zat besi yang ada didalam beras merah mampu membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas dikala berpuasa.

5. Es kelapa

Minuman kemasan sangat tidak dianjurkan dikala berbuka puasa. Apalagi minuman yang kadar gulanya tinggi. Sebaiknya anda mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka puasa.

Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa bisa menggantikan energi tubuh yang hampir hilang sesudah seharian berpuasa. Selain itu, elektrolit juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika sedang beaktivitas.

Air kelapa juga mudah diserap tubuh, sehingga mampu menghidari anda dari kehilangan cairan tubuh . Tips dari saya, kalau anda ingin menambah tenaga dan energi dalam waktu singkat , anda bisa menambahkan madu dikala meminum air kelapa. Selamat mencoba ya!

6. Sup bayam

Sudah banyak yang mengetahui kalau bayam merupakan gudangnya zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran ini bisa membantu meningkatkan oksigen di dalam badan.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam sayur ini bisa melindungi usus dan saluran pencernaan dari radikal bebas. Anda mampu mengonsumsi sayur ini dengan nasi hangan dan sambal, mantap bukan?

7. Capcay kuah

Capcay dengan banyak sekali sayuran memang bisa dijadikan sajian andalan dikala berbuka. Vitamin dan mineral yang ada didalam capcay ampuh mengembalikan energi seketika. Sehingga anda tidak perlu takut mengalami konstipasi alasannya adalah sedang berpuasa.

8. Nasi jagung dengan lauk tradisional enak

Nasi jagung yakni salah satu hidangan tradisional yang bisa kau sajikan sebagai sajian berbuka yang sehat. nasi jagung terbuat dari jagung bacin tanah yang ditumbuk lalu dikukus hingga matang, kandungan serat yang ada pada jagung bisa memperlancar sistem pencernaan sehingga ibadah puasa anda bisa lebih maksimal.

Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga mampu  mencegah dan mengurang i resiko anemia atau kekurangan darah. Agar lebih nikmat anda bisa memadukan nasi jagung ini dengan aneka lauk pauk mirip ayam goreng, tumisan dan sambal pedas.

9. Kentang tumbuk creamy 

Kentang tumbuk atau mashed potato sangan cocok disajikan sebagai sajian berbuka puasa selain enak hidangan yang satu ini juga mampu dijadikan sebagai pengganti nasi yang mengenyangkan.

Selain kaya akan kerbohidrat dan serat pangan, kentang juga mengandung karotenoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Saya akan menjelaskan secara singkat cara pembuatannya. Pertama haluskan kentang yang telah dikukus bersama mentega, keju parut dan susu cair kemudian aduk sampai teksturnya menjadi lengket. Kentang tumbuk creamy dan gurih akan lebih nikmat bila disajikan dengansteak atau irisan daging panggang.

10. Nasi goreng quinoa yang tinggi serat

Sesuai dengan namanya, nasi goreng quinoa terbuat dari biji quinoa yang direbus kemudian ditumis bersama dengan bumbu nasi goreng mirip bawang dan cabai.

Selain unik, nasi goreng quinoa juga lebih menyehatkan alasannya ialah kandungan serat, protein dan asam amino esensialnya yang bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang gres.

Agar kandungan gizi pada nasi goreng quinoa lebih seimbang anda bisa mengombinasikannya dengan brokoli, sawi, wortel atau aneka daging yang tinggi protein.

11. Sup makaroni penghangat tubuh

Sup makaroni yang hangat mampu menjadi alternatif hidangan buka puasa yang sehat dan ringan tapi mengenyangkan. Selain itu, makaroni juga bisa mengembalikan energi serta membuat perut kenyang lebih usang lantaran indeks glikemiknya yang rendah.

Indeks glikemik yang rendah mampu membuat proses perembesan glukosa menjadi lebih lambat.semoga lebih sehat dan nikmat anda bisa memadukan sup makaroni ini dengan sayuran, penggalan daging ayam, ikan atau udang.

12. Bihun goreng berpadu sayuran yang segar

Bagi kau pecinta masakan indonesia, sajian yang satu ini bisa jadi hidangan andalan. Bihun goreng mampu dijadikan hidangan pengganti nasi yang cocok disajikan dikala buka puasa. Selain tekstur kenyalnya yang dapt meningkatkan nafsu makan, bihun juga termasuk olahan masakan yang memiliki indeks glikemik rendah yang bisa mengenyagkan perut lebih lama.

13. Pasta dengan saus Aglio e Olio nan gurih

Pasta aglio e olio bisa dijadikan hidangan buka puasa yang cocok bagi kau yang sedang mengurangi konsumsi nasi atau saus berbahan susu. Selain teksturnya yang kenyal dengan perpaduan saus gurih, proses pembuatannya yang praktis juga akan membuat persiapan buka puasa menjadi lebih singkat.

Cukup rebus pasta sampai al dente kemudian siram dengan saus aglio e olio yang terbuat dari tumisan bawang putih, cabai kering dan parsley. Kamu juga dapat menambahkan tumisan udang atau daging ayam.

Jangan lupa untuk membagikan Aneka Resep Dan Tips Rempeyek Teri Yang Renyah Dan Gurih kepada sobat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar hidangan masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

0 Response to "✘ Resah Atur Menu Buka? Yuk Intip Berbagai Hidangan Buka Puasa Yang Sederhana Dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel