✘ Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana Yang Lembuuuut

Kue lumpur merupakan jajanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas. Sebenarnya nama makanan ringan elok lumpur sudah tidak gila lagi di pendengaran, karena kepopulerannya makanan ringan manis basah yang berasal dari Jawa Barat ini punya banyak sekali pengemar. Tapi, entah kenapa setiap kali nama kuliner ringan anggun lumpur ini muncul, rasanya ajaib dan lucu aja. Kok! Kue namanya kudapan manis lumpur sih!,  jadi kebayang lumpur lapindo he.. he… Ternyata usut punya usut, konon nama kudapan manis lumpur berasal dari tekstur dan bentuk kudapan elok yang sangat lembut seperti lumpur. Komponen utama membuat kudapan manis lumpur yakni kentang dan adonan terigu. Varian rasa kudapan elok lumpur aneka macam, ada rasa keju, coklat atau pandan dan masih banyak lagi yang lainnya. Resep kuliner ringan manis lumpur bervariasi, diantaranya camilan elok lumpur dengan adonan kentang dan adonan labu kuning. Untuk resep yang akan aku bagi kali ini yakni Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana Yang Lembuuuut. Berikut ini juga ada tips membuat kuliner ringan anggun lumpur beserta materi-bahan yang harus disiapkan dan cara membuatnya, simak yuk!



 merupakan jajanan tradisional Indonesia yang mempunyai cita rasa yang khas ✘ Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana Yang Lembuuuut

Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana


Bahan-materi :
  • 250 gram kentang, dikukus kemudian haluskan
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 gelas santan segar, dari 1 butir kelapa
  • 100 gram mentega, dicairkan dengan api kecil
  • 50 gram kismis
  • Daging kelapa muda, dari 1 buah kelapa
  • 3 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Siapkan wadah, masukkan telur, gula dan vanili kemudian kocok hingga semua materi tercampur rata sekitar 15 menitan.
  2. Masukan kentang yang sudah dihaluskan kedalam gabungan, aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu bertahap sembari terus dikocok, kemudian tambahkan santan, mentega cair dan garam ke dalam gabungan. Aduk adonan sampai tercampur rata sempurna.
  4. Selanjutnya panaskan cetakan kudapan manis lumpur dan olesi dengan mentega supaya tidak lengket.
  5. Tuang gabungan ke dalam cetakan dengan memakai api kecil, jangan lupa tutup biar matangnya merata.
  6. Setelah kudapan elok lumpur menjadi setengah matang, tambahkan daging kelapa muda dan kismis diatasnya. Kemudian masak lagi hingga matang. Angkat dan sajikan. 

 Tips Membuat Kue Lumpur 
  • Untuk memperoleh hasil yang elok, saringlah gabungan sebelum dimasukkan ke cetakan biar tidak terdapat gumpalan-gumpalan tepung pada adonan.
  • Nah! Kalau untuk membuat tekstur kudapan manis lumpur yang lembuuut dan tidak terlalu padat, masak tak perlu terlalu lama cukup 2 hingga 5 menit saja.
  • Jika anda tidak mempunyai cetakan khusus kuliner ringan anggun lumpur, mampu anda ganti dengan cetakan kudapan manis cupcake sebagai alternatif lainnya, durasi waktu memanggangnya sama dengan menggunakan cetakan khusus kudapan anggun lumpur.
Nah! Itulah cara membuat kuliner ringan elok lumpur. Kue lembap ini tidak tahan kalau disimpan agak lama, lebih nikmat lagi kalau disantap selagi hangat. Oh ya.. jangan lupa menyebarkan dengan orang sekitar atau tetangga dekat anda, pasti yang kebagian pingin juga mencoba membuat sendiri dirumah. Baca juga Resep Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "✘ Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana Yang Lembuuuut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel