✘ 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Gampang Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Biar Tahan Lama

8 RESEP TEMPE OREK ALA RUMAHAN YANG PRAKTIS SERTA TIPS MENYIMPAN TEMPE OREK AGAR TAHAN LAMA


Tempe merupakan masakan yang sudah sangat familiar di masyarakat. Siapa yang tidak kenal dengan tempe? Pasti semua orang sudah mengenalinya. Bahkan negara tetangga pun sudah mulai melirik tempe untuk dijadikan olahan Istimewa.

Tempe juga bisa dikatakan sebagai materi masakan utama alasannya hampir di setiap rumah tiap harinya pasti menyediakan tempe sebagai hidangan kuliner utama ataupun sebagai lauk pauk. Tempe ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, karena materi utamanya ialah kacang kedelai yang sudah tidak diragukan lagi kandungan proteinnya.

Selain diolah sebagai masakan tradisional, sekarang tempe juga bisa dijadikan sebagai hidangan kekinian di restoran – restoran besar, dan peminatnya pun juga cukup banyak. Terbukti kan bila tempe juga mampu bersaing dengan hidangan – hidangan lain di pasaran. Bahkan rasanya semakin banyak yang mencari kuliner satu ini.

Tempe ini bisa di kreasikan dalam banyak sekali jenis olahan masakan. Dan yang cukup digemari masyarakat salah satunya yakni olahan tempe orek. Tempe orek ini sangat cocok untuk lauk makan bahkan juga bisa disimpan dulu dilemari masakan untuk dijadikan sebagai persediaan. Atau juga mampu dijadikan sebagai bekal dikala bepergian jauh.

Rasanya yang enak dan gizinya yang elok untuk badan membuat masakan satu ini sangat diminati masyarakat, selain itu cara membuatnya juga terbilang cukup mudah.

Kali ini saya akan membahas banyak sekali macam resep dan cara membuat tempe orek yang enak, renyah, dan juga tips – tips semoga tempe orek ini tahan usang ketika dibawa untuk bekal dikala bepergian.

Untuk yang pertama ini ada hidangan tempe orek sederhana, sesuai dengan namannya cara pembuatan tempe orek ini sangat gampang dan dengan bumbu – bumbu yang sederhana. Tanpa harus berlama- lama, langsung saja simak materi dan cara pembuatannya berikut ini.

1. Resep Tempe Orek Sederhana

Bahan :
500 gram tempe
100 ml air
55 gram gula merah
15 gram asam jawa
garam secukupnya
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
minyak goreng

Cara membuat  :
1. Iris tipis bawang merah dan bawang putih.
2. Haluskan cabai merah besar dan cabai merah keriting.
3. Potong tempe berbentuk batang kecil – kecil.
4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, sehabis itu goreng tempe hingga kering, kemudian angkat dan tiriskan.
5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan cabai merah besar dan cane merah keriting yang telah dihaluskan tadi, tambahkan juga gula merah dan air, kemudian aduk hingga rata. Masukkan asam jawa dan garam secukupnya, kemudian aduk lagi hingga rata, masak hingga mendidih dan airnya mengental. Setelah itu matikan api. Biarkan sebentar hingga panasnya berkurang.
6. Jika panasnya sudah berkurang, gres masukkan tempe yang sudah digoreng kering tadi, kemudian aduk hingga semua bumbunya tercampur rata, kemudian angkat.
7. Siapkan piring saji, dan tempe orek sederhana siap untuk disajikan.

2. Resep Orek Tempe Basah

Yang satu ini ada kreasi tempe orek yang berbeda dari biasanya. Seperti yang sering kita ketahui, umumnya orek tempe itu bumbunya kering tanpa ada kuahnya, nah untuk kali ini aku akan membagikan resep orek tempe lembap, mungkin bisa dicoba untuk selingan semoga tidak mirip orek tempe biasanya. Berikut materi dan cara pembuatannya.

Bahan :
1 buah tempe
3 buah cabai
Lengkuas secukupnya
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ sendok teh lada debu
Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya
2 sendok makan kecap manis
Air secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabe.
2. Geprek lengkuas.
3. Potong – potong tempe berbentuk batang kecil – kecil atau sesuai selera.
4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang saja ( sengaja digoreng setengah matang alasannya akan dibuat orek tempe lembap ). Setelah itu angkat dan tiriskan.
5. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan irisan cabai, aduk sebentar, kemudian tambahkan air, kemudian masukkan lada bubuk, kecap manis, sedikit garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga rata.
6. Kemudian masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang tadi, aduk – aduk hingga semua bumbu merata. Tunggu sebentar hingga matang atau hingga kuahnya sedikit mengeluarkan minyak. Setelah itu angkat.
7. Siapkan piring saji, dan orek tempe lembap siap untuk disajikan.

3. Resep Orek Tempe Cabe Ijo

Orek tempe dengan perhiasan cabai ijo, bagi anda penyuka pedas olahan ini sangatlah cocok bagi pengecap anda. Pembuatannya pun juga sangat praktis, pribadi saja saya bagikan materi dan cara pembuatannya.

Bahan :
200 gr tempe
1 genggam pete atau sesuai selera
5 buah cabai keriting ijo
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 lembar daun salam
1 batang daun bawang
3,5 sendok makan kecap manis atau sesuai selera
1 sendok teh kaldu jamur
1 sendok teh gula
1 sendok teh garam
300 ml air

Cara membuat :
1. Iris  cabai ijo dan daun bawang menyerong.
2. Iris tipis – tipis bawang merah.
3. Cincang bawang putih.
4. Potong tempe berbentuk kotak – kotak kecil atau sesuai selera.
5. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang telah dipotong hingga kering. Kemudian angkat dan tiriskan.
6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daun salam, pete, dan cabai ijo, aduk – aduk hingga tercampur, kemudian tambahkan air, tunggu sebentar hingga airnya sedikit menyusut.
7. Setelah airnya sedikit menyusut, masukkan tempe yang sudah digoreng kering tadi, aduk hingga semua bumbu merata, tambahkan kecap anggun, kaldu jamur, sedikit garam dan gula.
8. Jika semua bumbu sudah tercampur rata, kecilkan api dan diamkan selama beberapa dikala biar bumbunya semakin meresap, sesudah itu angkat.
9. Siapkan piring saji, dan orek tempe cabai ijo siap untuk disajikan.

4. Resep Orek Tempe Pedas Manis

Bahan:
300 gr tempe, potong dadu
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabai rawit
1 batang serai
1 cm lengkuas
1 lembar daun salam
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh  merica bubuk
2 sendok makan  kecap
garam secukupnya
air secukupnya

Cara membuat:
1. Potong tempe berbentuk dadu atau sesuai selera.
2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.
3. Memarkan lengkuas dan batang serai.
4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan cabai rawit. Tumis lagi hingga harum.
6. Masukkan kecap cantik, saus tiram dan merica debu, tambahkan sedikit air. Masak hingga mendidih. Kemudian kecilkan apinya.
7. Setelah itu masukkan tempe, aduk – aduk hingga bumbu tercampur rata, masak hingga kuahnya menyusut dan bumbu meresap. Kemudian matikan api dan angkat.
8. Siapkan piring saji dan orek tempe pedas anggun siap untuk disajikan.

5. Resep Orek Tempe Kacang

Untuk yang kelima ada orek tempe dengan tambahan kacang tanah goreng, bisa dibayangkan kan gurihnya kacang tanah bercampur dengan rasa khas tempe yang yummy banget yang bercampur dengan bumbu – bumbu orek. Tanpa perlu berlama – lama, inilah resep materi dan cara pembuatannya.

Bahan :
750 gram Tempe
75 gram Kacang tanah
2 sdm Bawang merah goreng
13 buah Cabe merah keriting
7 siung Bawang merah
5 siung Bawang putih
2 lembar Daun salam
4 lembar Daun jeruk
2 cm Lengkuas
2 mata asam jawa
3 sendok makan Gula merah
1/2 sendok teh Gula pasir
1 sendok teh Kaldu debu
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Iris tipis bawang merah dan cabai merah keriting.
2. Cincang halus bawang putih.
3. Sisir halus gula merah.
4. Buang tulang daun jeruk.
5. Geprek lengkuas.
6. Seduh asam jawa dengan 3 sendok makan air panas.
7. Potong tempe berbentuk batang kecil –kecil.
8. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe hingga kering, sehabis itu angkat dan tiriskan.
9. Kemudian goreng kacang tanah memakai api kecil semoga tidak hingga gosong. Lalu angkat dan tiriskan.
10. Panaskan sedikit minyak, masukkan cabai merah keriting tunggu hingga agak kering, kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sebentar hingga harum.
11. Setelah itu masukkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas, aduk hingga rata. Lalu tuang air seduhan asam jawa, tambahkan gula merah dan aduk terus hingga gula larut. Kemudian tambahkan gula pasir, kaldu debu, dan sedikit garam, aduk lagi sampai rata. Tunggu sebentar hingga agak mengental, kemudian matikan api.
12. Tunggu sebentar hingga agak cuek kurang lebih selama 3 hingga dengan 5 menit. Baru masukkan tempe dan kacang yang sudah digoreng kering tadi, aduk terus sampai semua bumbu tercampur rata dengan tempe dan kacang. Setelah itu taburi bawang goreng dan aduk lagi hingga rata, kemudian angkat.
13. Siapkan piring saji, dan orek tempe kacang siap untuk disajikan ( Atau masukkan ke dalam wadah kedap udara jikalau ingin dibuat persediaan ).

6. Resep Orek Tempe Udang Kecap

Selanjutnya ada orek tempe dengan tambahan udang, rasa tempe yang enak bercampur dengan udang yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Pasti enak sekali rasanya kalau dimasak dengan bumbu orek. Langsung saja simak materi dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :
1 papan Tempe
5-6 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
10-12 buah cabai merah keriting
1/2 sendok teh lada
4 butir Kemiri
cabai rawit sesuai selera  ( bila suka pedas )
minyak goreng
Kecap elok secukupnya
Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya
2 lembar Daun salam
2 lembar Daun jeruk
1 batang Sereh, digeprek
100 gram Udang lembap

Cara membuat :
1. Potong – potong tempe berebentuk kotak atau sesuai selera.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah kriting, dan cabai rawit.
2. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang telah dipotong hingga setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
3. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah keriting dan cabai rawit yang telah dihaluskan tadi. Tumis hingga baunya harum.
4. Kemudian tambahkan daun salam, dan jeruk, dan sereh.
5. Setelah itu masukkan udang segar, masak hingga matang atau hingga udang berubah warna.
6. Kemudian masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang tadi. Aduk terus hingga semua bumbunya tercampur.
7. Kemudian tambahkan kecap anggun, garam, gula, dan kaldu bubuk sesuai selera.
8. Tambahkan sedikit air, aduk lagi hingga semua bumbu tercampur dengan tempe dan udang. Masak dengan api kecil, tunggu hingga matang. Setelah itu angkat.
9.  Siapkan piring saji, dan orek tempe udang kecap siap untuk disajikan.

7. Resep Tempe Orek Teri

Ikan teri itu sendiri mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi bila dicampur dengan tempe yang juga tinggi kandungan proteinnya. Cocok sekali kan untuk bekal anak – anak ke sekolah. Berikut materi dan cara pembuatannya.

Bahan :
1 papan tempe
2 genggam ikan teri
5 buah cabai hijau
3 blok kecil gula merah
2 lembar daun salam
2 buah bawang putih
5 buah bawang merah
10 buah cabai merah keriting
1 ruas jahe2 ruas lengkuas
1/2 gelas kecil air
garam dan penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Potong tempe berbentuk dadu atau sesuai selera.
2. Iris serong cabai hijau.
3. Sisir gula merah hingga halus.
4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah keriting.
5. Geprek jahe dan lengkuas.
6. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe yang sudah dipotong tadi sampai setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
7. Setelah itu goreng ikan teri hingga warnanya kuning keemasan.
8. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah kriting hingga harum. Lalu tambahkan gula merah serut dan irisan cabai hijau, aduk hingga tercampur, kemudian tambahkan air, garam, dan penyedap rasa. Masak hingga airnya sedikit menyusut.
9.  Setelah itu kecilkan api, kemudian masukkan tempe dan ikan teri goreng, aduk – aduk dan tunggu hingga matang atau hingga airnya semakin menyusut. Kemudian angkat.
10. Siapkan piring saji, dan tempe orek teri siap untuk disajikan. 

8. Resep Orek Tempe Petai

Yang terakhir bagi penikmat petai, ini cocok sekali untuk anda coba, kali ini ada orek tempe petai. Soal rasa pasti tidak diragukan lagi apalagi bagi pecinta petai, sudah pasti akan sangat menempel dilidah mereka. Baiklah pribadi saja saya bagikan resep materi dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :
2 papan tempe
2 genggam petai
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 batang serai
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
5 buah cabai hijau
6 sendok makan kecap manis
5 buah cabai rawit
50 ml air
Garam,penyedap rasa, dan gula pasir secukupnya
Minyak  goreng

Cara membuat :
1. Potong petai menjadi dua bagian.
2. Potong – potong tempe berbentuk dadu atau sesuai selera.
3. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai rawit.
4. Memarkan batang serai.
5. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng serpihan tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan kecap manis, biarkan sebentar hingga terkaramel. Lalu tambahkan air, beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Dan kecilkan apinya.
7. Setelah itu masukkan tempe yang telah digoreng setengah matang tadi, masukkan juga petai, cabai hijau dan cabai rawit, kemudian aduk hingga semua tercampur dengan bumbu. Biarkan sebentar hingga bumbu mengental dan meresap. Setelah itu matikan api kemudian angkat.
8. Siapkan piring saji, dan orek tempe petai siap untuk disajikan.

Bagaimana resep – resep orek tempe yang sudah saya bagikan diatas, cukup mudah kan. Bahan – bahannya pun juga simpel didapat di toko – toko sekitar rumah, dan pastinya dengan harga yang terjangkau.


Tips Membuat Oreg Tempe Agar Bisa Tahan Lama

Saya juga akan membagikan tips – tips supaya orek tempe yang telah kita buat bisa tahan lama, atau cocok untuk dibawa bekal ketika bepergian. Berikut tips dari saya semoga orek tempe tahan lama :

1. Upayakan iris tempe setipis mungkin keika memotong dikala akan dimasak.
2. Saat menggoreng tempe saat akan memasak, goreng hingga benar – benar kering semoga tempe tetap krispi.
3. Setelah dimasak dan ingin menyimpannya, sebelum orek tempe dimasukkan dalam wadah, tunggu hingga orek tempe benar – benar sudah dingin, gres masukkan kedalam wadah.
4. Gunakan wadah yang kedap udara untuk menyimpan orek tempe supaya lebih tahan usang.

Semoga artikel saya kali ini bermanfaat untuk anda, selamat mencoba resep – resep orek tempe dari saya, dan supaya tips yang aku bagikan bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan selamat berkreasi.

Jangan lupa untuk membagikan 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Mudah Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Agar Tahan Lama kepada sahabat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar hidangan masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

0 Response to "✘ 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Gampang Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Biar Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel